Breaking News

Kopi Spesial Indonesia Di Buenos Aires Argentina Dan Selamatkan Hati Dengan Secangkir Kopi

Kala Pencinta Kopi di Argentina Nikmati Cita Rasa Khas Indonesia. Dengan semakin membudayanya kopi premium atauspecialty coffee di Argentina, tenda-tenda minuman ini mulai menjamur di beberapa kota besar, seperti Buenos Aires, Rosario, Cordoba, dan Mendoza.

Hal tersebut dimanfaatkan KBRI Buenos Aires untuk memperkenalkan masyarakat Argentina pada kopi spesial Indonesia yang sudah memiliki nama di dunia internasional. Acara tersebut dikemas dalam coffee tasting Kopi Spesial Indonesia di Buenos Aires pada 24 Mei 2018.

Dubes RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie, pada pembukaan acara Coffee Tasting di Buenos Aires melihat adanya tren baru di Argentina, khususnya di Buenos Aires bahwa tenda-tenda kopi yang menyajikan kopi premium mulai bermunculan. Dalam hal ini, Indonesia siap untuk ikut jadi pemain utama.

Hingga saat ini, Argentina adalah importir kopi terbesar di Amerika Latin. Adapun kopi yang diimpor ke Argentina mayoritas (85 persen) berasal dari Brasil untuk robusta, dan Kolombia untuk arabica.

Pada 2016, Argentina mengimpor 25.604 ton biji kopi dengan nilai total USD 79,4 juta.

Dalam acara coffee tasting di Buenos Aires, para pencinta kopi, jurnalis gastronomia dan baristas disuguhi kopi spesial Indonesia seperti: 
  1. Gayo dari Aceh, 
  2. Mandailing dari Sumatera Utara, 
  3. Java Preanger dari Jawa Barat, 
  4. Toraja dari Sulawesi, dan 
  5. Bajawa dari Flores.

Undangan yang hadir cukup dikagetkan dengan beragam rasa kopi spesial yang dimiliki oleh Indonesia. Hampir seluruhnya memilih kopi Toraja dan Gayo sebagai yang paling nikmat dalam acara coffee tasting tersebut.

Charlie seorang barista yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan bahwa Toraja memiliki aroma dan rasa yang kaya, saya yakin kopi seperti ini akan menjadi primadona di Argentina.

Acara coffee tasting diselenggarakan bersama oleh KBRI Buenos Aires dan Kedai Kopi LatteNte yang dikelola oleh diaspora Indonesia, Zehan Nurhadzar. 

Acara coffee tasting juga diliput oleh beberapa media terkemuka di Argentina seperti La Nacion dan majalah Gastronomi.

Manfaat Mengonsumsi Kopi
Bagi pencinta kopi sejati, tentu dapat membuktikan bahwa khasiat secangkir kopi dalam sehari mampu meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

Memang terdengar mustahil, tetapi sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi dapat mengurangi risiko depresi pada wanita dan menurunkan risiko bunuh diri pada pria.

Secara umum, kopi dapat menaikkan perasaan menjadi lebih tenang dan bahagia.

Jika Anda termasuk tipe orang yang suka pulang malam dan minum alkohol terlalu banyak, maka meminum kopi tampaknya menjadi kabar bahagia.

Pasalnya, mengonsumsi kopi dapat membantu menyelamatkan hati dari zat-zat yang membahayakan tubuh. 

Sebab, dengan mengonsumsi minuman kopi dapat mengurangi kadar enzim yang dapat merusak hati.

Selain itu, efek dari minuman kopi pun juga mampu melawan kanker dan penyakit sirosis.
☆☆☆☆☆

No comments