Breaking News

Cegah Kanker Dan Hilangkan Mindset Kopi Harusnya Pakai Gula

Selain kafein, kopi mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh. Kafein dalam kopi hanyalah sebagian kecil dari kopi. Masih ada yang lain, kaya mineralnya seperti antioksidannya juga. Bahkan, antioksidan si kopi ini lebih daripada buah.
Namun, menurutnya, masih banyak orang beranggapan bahwa kopi itu buruk, bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker. Banyak kalau orang ngomong kopi ini bisa berpotensi kanker dan sebagainya. Kalau kanker itu, minum kopi apa dulu.

Kanker merupakan sebuah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis penyakit tumor ganas.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Pada dasarnya semua kopi itu baik, namun yang membuat kopi itu berpotensi menyebabkan kanker karena kesalahan dalam pengolahan. Kalau minum kopi yang terlalu gosong banget, air panasnya terlalu gosong banget maka akan memicu ada kandungan karsinogen.

Karena karsinogen merupakan bahan yang dapat memicu terjadinya kanker. Karsinogen itu dapat ditemukan di ayam panggang, sosis, dan lain sebagainya.

Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis. Karsinogen kimiawi yang pertama kali diidentifikasi adalah senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik.

Alangkah baiknya untuk meminum kopi dengan pengolahan yang tepat, Kalau coffe specialty seperti ini yang digoreng, jadi warnanya itu cokelat-cokelat muda atau cokelat-cokelat tua jadi tidak sampai gosong banget. Kita menyeduh kopinya pun tidak sampai panas banget.

Karena jika terlalu panas dan gosong dapat memicu terjadinya kanker. Sudah panas, sudah gosong itu ada kandungan karsinogen yang berpotensi kanker.

Dan kopi sehat sebaiknya yang tanpa gula, karena bisa berpotensi menyebabkan Pre Diabetes. Diabetes merupakan suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Diabetes Tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak dan remaja.

Diabetes Tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Pre Diabetes
Pre Diabetes sebagai suatu keadaan dimana gula darah lebih tinggi daripada normal tapi belum cukup tinggi untuk dimasukkan dalam kategori Diabetes.

Mereka yang mengonsumsi Kopi dengan Gula Berlebihan akan mudah termasuk dalam kategori Pre Diabetes, berisiko tinggi untuk menderita Diabetes tipe 2 di kemudian hari karena akan berdampak terjadinya obesitas, kecuali mereka melakukan pola hidup sehat dengan menurunkan berat badan yang berlebih dan aktif berolahraga.

Seseorang dimasukkan dalam kategori Pre Diabetes bila gula darah puasa berkisar antara 100-125 mg/dl. Gula darah 2 jam setelah pemberian larutan glukosa 75 gram (pada tes toleransi glukosa oral) berkisar antara 140-199 mg/dl.
☆☆☆☆☆

No comments