Breaking News

Membedakan Kopi Asli Dengan Kopi Campuran

Menikmati kopi juga membutuhkan wawasan tentang kopi itu sendiri, apalagi jika kita mengaku sebagai pecinta kopi, bagaimana mungkin kita mencintai sesuatu yang tidak kita kenal? 

Hal inilah yang seringkali kita lewatkan, khususnya di Indonesia, perihal membedakan manakah kopi yang benar-benar 100% asli dan murni, dengan kopi campuran.

Sebelum membahas tentang perbedaan diantara keduanya, pertama sekali kita harus mengenal sifat kopi itu seperti apa. 

Kopi pada dasarnya memiliki karakter aroma dan rasa yang kuat, sehingga meskipun dicampur dengan bahan apapun, sifat dasar dan karakternya tidak akan berubah dan lebih dominan.

Itulah alasan kenapa kopi campuran itu sulit dikenali, karena secara tampilan dan rasa, bisa jadi rasanya sekilas mirip. 

Namun, bagi kita yang “sensitif” dengan aroma dan rasa kopi, pasti akan lebih mudah mengetahuinya.

Itulah alasannya, kenapa ada kopi yang dijual dengan harga yang "terkesan" mahal, dan ada yang sangat murah sekali dan sangat jauh perbedaannya dengan kopi berkualitas 100% asli. 

Bagi anda yang jeli, kopi tidak mungkin berharga sangat murah jika memiliki kandungan yang benar-benar asli, dan bagi beberapa produsen kopi murah, ada yang secara fair menampilkan komposisi kopi yang diproduksinya, termasuk bahan-bahan tambahannya.

Beberapa bahan tambahan yang biasanya dipakai adalah zat - zat nabati seperti jagung, essense dan krim. 

Namun sayangnya, porsi kopi dalam komposisi produk cenderung lebih sedikit guna menekan biaya produksi, hal inilah yang kemudian membuat keaslian kopi semakin sedikit. 

Mungkin masih fair jika produk kopi tersebut menginformasikan “komposisi tambahan” dalam produknya, namun bagaimana dengan produk kopi tidak menyertakan bahan-bahan tambahan tersebut alias kopi oplosan?

Untuk membedakannya, anda bisa menyelidikinya dari segi aroma maupun rasanya. 
Kopi murni, biasanya memiliki rasa yang lembut, sedangkan yang oplosan sedikit terasa aroma kimiawinya yang berasal dari essens.

Selain itu, kopi campuran ketika diseduh dengan air panas, akan tercium aroma jagung bakar atau aroma beras yang itu bisa dikenali juga melalui aroma yang dihasilkan. 

Itulah kenapa, disarankan untuk menyeduh kopi dengan air panas rebusan dengan suhu diatas 90 derajat celcius, supaya aroma yang dihasilkan bisa lebih kuat.

Kemudian dari segi rasa, kopi asli ketika diseruput, rasanya tidak akan lama di tenggorokan, beda ketika kita menikmati kopi campuran, rasanya akan terasa lebih lama di tenggorokan karena reaksi dari campuran zat essens pada kopi tersebut. 

Kopi asli juga lebih terasa nyaman di perut dibandingkan kopi campuran, karena memang kopi itu sebenarnya memiliki kandungan zat yang baik bagi kesehatan.

Itulah kenapa, sangat disarankan untuk membeli kopi yang benar-benar asli dan 100% murni tanpa ada campuran apapun. 

Untuk menjamin keasliannya, Coffindo benar-benar sangat menjaga proses produksi kopi dari hulu hingga ke hilir, mulai dari proses pembibitan, penanaman, panen, roasting, hingga pengemasan.

Sehingga Coffindo, selama 19 tahun tetap dipercaya sebagai salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia yang komitmen memperkenalkan Kopi Nusantara di lebih dari 30 negara di dunia.
Sumber Artikel [kumparan.com]
☆☆☆☆☆

No comments