PT. WARUNG KOPI PAHIT, Tbk.

Wednesday, April 11, 2018

Kopi Merupakan Sumber Glikogen Suplemen Alami

Ketika berolahraga, rasa lelah pasti dirasakan, dan untuk menghindari dari rasa lelah, kita pun mengonsumsi berbagai suplemen penambah energi. Namun tanpa disadari, suplemen yang dikonsumsi banyak unsur kimia juga masuk ke dalam tubuh kita dan bila dikonsumsi dalam jangka panjang, kesehatan pun jadi taruhannya.
Sebagai alternatif, Kopi dipilih oleh banyak orang sebagai pengganti suplemen penambah energi dan penghilang rasa lelah. Orang-orang jawa kuno hingga saat ini, dikala sesudah melakukan kegiatan bercocok tanam atau kegiatan lainnya yang menguras energi mereka akan mengkonsumsi kopi untuk memulihkan kondisi tubuh mereka. Akan tetapi, masyarakat moderen menganggap kebiasaan ini aneh dan menyimpang dari gaya hidup sehat. Padahal kandungan kafein dalam Kopi dapat menstimulus otot untuk membakar lemak lebih optimal.

Otot menggunakan glikogen sebagai energi dan apa bila cadangan glikogen telah habis, otot menjadi lemah dan kita pasti akan merasa lelah. Dan ternyata kafein dalam kopilah yang berperan dalam mengatasi masalah ini.

Kafein dalam Kopi berperan dalam menjaga cadangan glikogen agar otot tidak cepat merasa lelah. Dengan demikian, proses pembakaran lemak akan menjadi lebih efektif sehingga tubuh mendapatkan energi baru.

Tidak hanya menjaga cadangan glikogenKopi juga memiliki beberapa peran lain dalam lingkup olahraga. Berikut ini manfaat lain dari kopi.

1. Mengurangi Rasa Sakit
Rasa sakit yang disebabkan oleh kelelahan dan olahraga dapat berkurang dengan mengkonsumsi Kopi. Takaran yang dinilai 'ampuh' dalam melakukan ini adalah dua hingga tiga cangkir sebelum melakukan olahraga intensif. Secangkir Kopi sebelum beraktifitas juga memungkinkan otot bekerja dengan efisien.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Mengkonsumsi Kopi sebelum beraktifitas dapat meningkatkan sirkulasi darah. Oksigen yang terkandung dalam darah pun dapat disirkulasikan dengan baik ke berbagai jaringan dan otak. Hal ini dapat membentuk performa yang lebih baik selama beraktifitas.

3. Meningkatkan Memori
Sering lupa tentang rencana-rencana ternyata dengan bantuan dua cangkir Kopi sebelum beraktifitas, kemampuan otak dalam memproses memori pun akan meningkat. Menurut penelitian, kafein dalam Kopi lah yang berperan dalam meningkatnya memori hingga 24 jam setelah kita mengkonsumsi Kopi.

4. Bahan Bakar Otot
Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kafein dan karbohidrat meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh. Glikogen inilah yang berperan dalam memberikan kekuatan bagi tubuh sebagai sumber suplemen tubuh.
☆☆☆☆☆
Walaupun demikian, beberapa catatan perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi Kopi. Karena dalam jumlah yang berlebihan dalam mengkonsumsi Kopi juga akan berdampak bagi orang yang memiliki Riwayat Maag.

Selain itu, mengkonsumsi Kopi tanpa gula akan memberi manfaat yang baik dan menghindarkan kita dari risiko meningkatkan kadar gula dalam darah.

No comments:

Post a Comment