Breaking News

Kedai Kopi Kaki Lima

Kopi telah tumbuh di warung-warung kopi kaki lima. Sedari dulu kopi adalah minuman rakyat segala lapisan sosial. Dalam kopi semuanya menyatu dalam cangkir-cangkir kenikmatan.

Jika para orang tua kita gemar ngopi sembari nongkrong di warung kopi pinggir jalan, maka tak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukan hal yang sama meski dengan metode seduh dan gaya yang berbeda. Tak hanya coffee shop berpendingin dengan kursi-kursi empuk yang menjadi tujuan penikmat kopi menikmati kopi berkualitas, coffee specialty, kopi dari Gelombang Ketiga, kedai kopi kaki lima atau popular dengan sebutan street coffee shop pun kini menjadi alternatif bisnis buat mereka yang ingin merangkul komuniti pecinta kopi dimana saja berada dalam segala lapis kelas sosial.
Di Indonesia sendiri, kedai kopi kaki limaspecialty mulai merebak dan tumbuh dengan suburnya. Yang setahu saya saja ada dua kota yang mengusung bisnis ini. Seperti Denpasar ada BC Street Café dan di Padang ada Momento yang menggunakan Rok Presso sebagai alat penghasil kopinya. Tak memerlukan listrik, dua kedai kopi kaki lima ini cukup menarik perhatian penikmat third wave coffee. Mungkin masih banyak street coffee shop lainnya yang tidak terdeteksi kami. Tapi hal ini terbukti bahwa kedai kopi kaki lima yang mengsung kualitas dan lebih dari sekedari kopi tubruk semata telah dilirik di Indonesia.

Lalu apa keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu memilih usaha street coffee shop ini? Berikut beberapa jawabannya.
---------------------------------------------------------------------------------
Modalnya Lebih Kecil
Namanya juga kaki lima, sudah tentu modal untuk sewa atau membeli bangunan kafe bisa diminimalisir. Kaki lima bisa berada di pinggir jalan berupa mobil, gerobak, motor atau kios kecil yang bisa dibongkar pasang. Juga karena berada di pinggir jalan, kamu tak memerlukan mesin espresso dengan tegangan listrik yang kuat. Cukup dengan berinvestasi dengan espresso maker manual seperti Rok Presso,Bellman atau The Little Guy. Harga alat-alat kopi ini jelas lebih murah. Tapi jika memiliki modal sedikit besar, boleh juga menginvestasi mesin espresso one boiler untuk kedai kopi kaki lima kamu.
Kedai Kopi Seduh Manual
Karena berada di kaki lima, kamu bisa saja membuat konsep kedai kopi kaki limamu khusus “manual brew”. Alasannya sederhana,manual brew methods tidak membutuhkan tenaga listrik. Alat-alat seduh manualnya juga berada di kisaran harga yang masih terjangkau. Selain itu, kedai kopi khusus seduh manual masih sedikit di Indonesia. Bahkan siapa tahu kamu menjadi kedai kopi manual brew pertama di kotamu.
Tidak Ribet
Membuka sebuah coffee shop diperlukan perencanaan matang dan realisasi yang panjang. Tak hanya masalah modal, konsep, interior, pemilihan mesin, barista dan hal-hal kecil lainnya yang sungguh ribet. Kedai kopi kaki lima tentu memerlukan perencanaan juga, hanya saja tidak seribet coffee shop lain pada umumnya. Kamu tidak memerlukan interior, tidak memerlukan banyak pekerja, tidak memerlukan dapur dan remeh-temeh lainnya karena kedai kopi ini konsepnya sederhana saja.
Mobile
Jika kamu memilih konsep kedai kopi kaki lima seperti car-coffee, coffee-truck atau bicycle-coffee, maka kamu dengan mudah bisa berkeliling kemana saja. Dimana keramaian berada, di situ kamu bisa menjual kopi kamu. Juga kamu bisa menjangkau banyak tempat dan mengantarkan langsung kopimu kepada pelanggan setiamu. 
---------------------------------------------------------------------------------