Breaking News

Cara Membuka Usaha Warung Kopi

WARUNG KOPI adalah warung yang sering dikunjungi oleh masyarakat berbagai latar belakang, sosial, budaya, untuk berkumpul, diskusi, mengobrol santai, dialog warga, opini masyarakat dengan berbagai macam latar belakang, wawancara, minum bersama untuk mendapatkan suatu informasi bermanfaat yang didapatkan.

Mengapa Indonesia? Karena walaupun beda cara penyajiannya, namun esensi budaya yang komunal penuh kebersamaan menjadi ciri utamanya. Di beberapa wilayah kota Surabaya mungkin anda dengar sajian khas kopi dengan roti selai serikaya atau sajian menu sarapan. Di situ orang duduk berkelompok dan mengobrol, berdiskusi atau sekedar bermain catur. Mungkin di beberapa kota di Surabaya di malam hari ditemukan warung-warung kopi yang menyajikan kopi dan sajian khas pisang goreng kipasnya. 

Pada malam hari warung kopi seperti ini tampak penuh, terlihat dari berderetnya motor yang parkir, dan riuhnya suasana nonton bareng siaran TV dengan layar lebar. Di Jawa pun warung kopi banyak dijumpai, dari kelas warung permanen hingga warung kopi jahe di emperan toko di malam hari. 

Orang datang kesana bukan sekedar demi secangkir kopi, namun menikmati suatu kehidupan, interaksi, kebersamaan, persaudaraan dan bisnis. 

Sebuah warung kopi merujuk kepada sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi atau minuman panas lainnya. Beberapa dari ciri-ciri sebuah bar, dan beberapa ciri-ciri sebuah restoran, tetapi ia berbeda dari sebuah warung. Seperti namanya, warung kopi berfokus untuk menyajikan minuman kopi dan teh bahkan makanan ringan. 

Banyak warung kopi di Timur Tengah dan di wilayah pendatang Asia Barat dan dunia Barat juga menyediakan shisha/ nargile (bahasa Turki atau Yunani), dengan variasi perisa yang diulen dengan sebatang Rokok lalu dirokok melalui sebuah Hookah. 

Di Amerika Serikat dan Perancis untuk Warung Kopi adalah KACE berarti sebuah restoran tidak resmi, yang juga menyediakan beberapa hidangan panas dan dingin.
☆☆☆☆☆
Tujuan Umum Membuka Warung Kopi
Memberikan layanan sebagai pusat-pusat interaksi sosial.  

Dari suatu pengamatan budaya, warung-warung kopi banyak memberikan layanan sebagai pusat-pusat interaksi sosial, warung kopi dilihat memberi kesempatan kepada anggota-anggota sosial baik secara individu dan atau dalam kelompok kecil yaitu : 
  • Berkumpul,   
  • Berbicara,   
  • Menulis dan membaca,   
  • Menghibur satu sama lain, dan/ atau   
  • Membuang waktu.
☆☆☆☆☆
Tujuan Khusus Membuka Warung Kopi
  • Menjadikan Usaha Mikro Mandiri pada masyarakat menengah kebawah.
---------------------------------------------------------------------------------
Cara Membuka Usaha
WARUNG KOPI
Usaha warung kopi merupakan jenis usaha yang dapat di jadikan sebagai usaha sampingan karena usaha warung kopi sendiri biasanya buka pada pukul 4 sore hingga pukul 10 malam. Namun bagi anda yang ingin menjadikan usaha kopi sebagai pekerjaan utama anda, maka anda dapat membukanya mulai dari pukul 06:00-23:00.

Usaha warung kopi merupakan usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus, terlebih jika anda mampu memberikan pelayan maksimal serta rasa kopi yang khas, tentunya ini akan membuat pengunjung betah dan menjadi pelanggan tetap di warung kopi anda.
☆☆☆☆☆
Bagaimana Membuka Usaha Warung Kopi? 
Bagai mana anda yang ingin membuka usaha warung kopi/ kedai kopi?

Berikut ini cara membuka usaha warung kopi di bawah ini.
☆☆☆☆☆
Modal Usaha
Modal usaha adalah sesuatu yang digunakan untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha. Modal ini bisa berupa uang dan tenaga (keahlian). Modal uang biasa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan usaha, seperti biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk membeli aset, hingga modal kerja. Sedangkan modal keahlian adalah kepiawaian seseorang dalam menjalankan suatu usaha.
☆☆☆☆☆
Tempat
Tempat menjadi salah satu faktor utama keberhasilan warung kopi anda, karena dengan tempat yang strategis dan mudah di jangkau membuat warung kopi anda ramai di kunjungi konsumen. Usahakan anda membuka usaha warung kopi di pinggir jalan atau dekat dengan tempat umum seperti pasar, mall, pusat perbelanjaan, alun-alun dan/ atau taman. 

Selain itu kebersihan warung kopi anda harus terus terjaga agar konsumen betah saat berada di warung kopi anda. Untuk desain, usahakan mendesain ruangan semenarik mungkin, anda dapat mengambil tema dengan nuansa seperti hallowen, sepakbola, musik atau apapun yang kiranya menarik perhatian.
☆☆☆☆
Strategi Usaha
Strategi usaha perlu di lakukan sebelum membuka usaha warung kopi. Jika anda ingin usaha warung kopi anda sukses, maka anda harus mencari strategi yang tepat kiranya dapat membuat pengunjung betah saat sedang mampir ke kedai kopi anda. Yang perlu di perhatikan, pastikan kopi yang anda sajikan memiliki rasa yang khas dan tentunya enak. 
☆☆☆☆
Fasilitas Tambahan
Cara ketiga ini saya rasa wajib anda lakukan jika anda menginginkan konsumen betah berlama-lama di Warung Kopi anda. Tambahkanlah berbagai fasilitas tambahan seperti televisi, radio, atau bahkan Wi-Fi. Jika anda menambahkan beberapa fasilitas tersebut dapat di pastikan bahwa konsumen akan betah berada di warung kopi anda, terlebih lagi jika sedang musim bola seperti piala dunia, maka warung kopi anda akan ramai bahkan hingga pagi hari.
☆☆☆☆☆
Promosi
Promosikan usaha anda kepada orang banyak. Ya, tentu saja hal tersebut wajib anda lakukan jika anda menginginkan warung kopi anda ramai sejak awal di buka. Anda dapat mempromosikan warung kopi anda melalui selebaran kertas atau brosur yang dapat anda sebar di sekitar rumah anda. Selain itu ada satu strategi promosi yang dapat anda lakukan ketika baru mendirikan Usaha Warung Kopi, yakni dengan memberikan harga yang terjangkau namun setelah ramai naikkan harga sedikit demi sedikit agar konsumen tidak kabur.
☆☆☆☆☆
Izin Usaha
Jika anda membuka usaha warung kopi dengan jenis usaha yang cukup besar, maka anda perlu mengajukan izin usaha kepada pihak yang berwenang. Karena nantinya izin usaha dapat bermanfaat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan perizinan.
☆☆☆☆☆
Makanan Pendukung
Biasanya warung kopi di lengkapi juga dengan makanan pendukung seperti snack, kerupuk, keripik, gorengan dan jajanan lainnya yang memiliki harga terjangkau, berkuwalitas dan berinovasi agar warung kopi yang kita kelola memiliki nilai positif terhadap konsumen sehingga konsumen merasa aman mengkonsumsinya.
☆☆☆☆☆
Pelayanan
Cara yang terakhir yang harus di lakukan bahkan wajib di kerjakan ialah memberikan pelayanan yang prima. Dalam artian anda harus memberikan pelayanan yang maksimal karena konsumen adalah raja, contoh mudah yang dapat anda lakukan ialah memberikan "3S" yakni Sopan, Senyum dan juga Sapa agar terjadi keakraban di antara penjual dan konsumen. 

Seorang pelayan haruslah mampu melakukan interaksi sosial dan menguasai sebuah sistem komunikasi SBAR (Situation, Backgrund, Assesment, Rekomendasi).
☆☆☆☆☆
Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan sebelum membuka usaha kopi, ingatlah bahwa usaha terbaik yang dapat anda jalankan ialah usaha yang sesuai dengan kemampuan anda, jangan pernah takut gagal sebelum mencoba. Sekian info Cara Membuka Usaha Warung Kopi dan semoga bermanfaat untuk kita semua.
☆☆☆☆☆
Kesimpulan
Warung kopi bukan sekedar warung namun merupakan media relasi antar manusia. Warung kopi bukanlah sekedar warung, namun telah menjadi komunitas sosial yang mencerminkan nilai Kegotongroyongan Bangsa Indonesia.
☆☆☆☆☆
NB:
Apapun Rasanya Kopi Yang Kamu Minum
Pada Dasarnya Kopi Itu Pahit 
Dan Seperti Itulah Kehidupan 
Pada dasarnya hidup didunia itu PAHIT 
Tergantung Kamu, Bagaimana kamu meracik hidup  Dan janga sampai hidupmu sepahit KOPIMU
By: BITTER COFFFE PARK 
☆☆☆☆☆