Breaking News

Manfaat Kopi Bagi Kita

Seperti halnya coklat dan anggur, kopi memiliki dua mata pisau bagi kesehatan manusia, jika minuman ini dikonsumsi dengan benar dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan.

Namun jika dilakukan secara berlebihan maka dapat berakibat buruk bagi kebugaran dan berdampak langsung pada munculnya gangguan kesehatan seseorang.
Ada banyak manfaat dari kopi jika dikonsumsi dengan Benar. Berikut ini adalah 12 Manfaat Kopi bagi Kesehatan:
  1. Kopi khususnya untuk perempuan memiliki efek positif dalam menangkal bentuk kanker kulit yang paling umum.
  2. Kopi dapat melindungi kulit jika kita mengonsumsi dua sampai tiga cangkir sehari resiko kanker kulit nonmelanoma dapat turun sampai 17 persen.
  3. Wanita yang minum kopi lebih dari 3 cangkir memiliki resiko lebih rendah untuk menderita karsinoma sel basah.
  4. Kopi berpotensi meredam kanker payudara, kanker rahim dan kanker hati.
  5. Kopi mencegah stroke dan tingkatkan libido. 
  6. Kopi melancarkan sirkulasi di otak untuk mencegah parkinson dan alzheimer.
  7. Kopi menurunkan risiko diabetes.
  8. Kopi dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung koroner.
  9. Kopi mencegah batu ginjal dan impotensi
  10. Kopi dapat menurunkan resiko asam urat dan batu ampedu.
  11. Kopi mencegah multiple sclerosis
  12. Kopi dapat juga melegakan napas, mengurangi keletihan otot dan mencegah kanker prostat.
Di halaman tersebut kita bisa mengetahui apa saja efek samping yang mungkin kita dapat jika diminum secara berlebihan. Terlepas dari itu semua, beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan menemukan beberapa manfaat yang terdapat dalam kopi.
--------------------------------------------------------------------------------
Berikut ini adalah Manfaat Minum Kopi seperti yang telah kami rangkum dari beberapa hasil penelitian para ahli.
--------------------------------------------------------------------------------
Mencegah Batu Ginjal
Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard (tahun 2002) menunjukkan bahwa wanita atau proa yang meminum 4 Gelas Kopi setiap harinya memiliki Resiko 25% lebih rendah dibanding yang tidak meminumnya.
--------------------------------------------------------------------------------
Mencegah Depresi
Sama dengan di atas, pria maupun wanita yang meminum kopi sebanyak 2 sampai 3 gelas kecil memiliki resiko serangan depresi yang kecil dibanding dengan yang tidak meminumnya. 
Meskipun begitu para peneliti tetap menganjurkan untuk berhati-hati karena kafein yang terdapat di dalamnya justru dapat meningkatkan Hormon Kortisol pada seseorang jika diminum melebihi batas aman. 
Hormon Kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh saat seseorang mengalami stress, depresi dan tekanan batinstress. Hormon ini sangat berbahaya karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.
--------------------------------------------------------------------------------
Meningkatkan Daya Ingat
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 di Amerika Utara menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki daya ingat jangka pendek yang lebih kuat jika dibandingkan dengan lainnya. 
Sedangkan penelitian lanjutan pada tahun 2007 menemukan fakta menarik bahwa wanita yang meminum minuman berkafein tidak menunjukkan adanya penurunan daya ingat.
--------------------------------------------------------------------------------
Menurunkan Resiko Diabetes
Hasil studi menemukan bahwa mengonsumsi minuman ini memiliki resiko lebih kecil terhadap diabetes tipe 2, alasan dan penjelasan lengkapnya pernah dipublish dalam jurnal AGRICULTURAL & FOOD CHEMISTRY (tahun 2012)
Point penting dari isi jurnal tersebut menyatakan bahwa senyawa yang terdapat pada kopi efektif dalam mencegah hIAPP. hIAPP sendiri merupakan polipeptida yang bisa memproduksi serat protein tidak normal seperti yang biasa terdapat pada pasien diabetes tipe 2.
--------------------------------------------------------------------------------
Menurunkan Resiko Kangker
Studi yang dilakukan di Swedia tahun 2008 menemukan fakta baru terkait dengan kangker payudara, kangker prostat dan kangker endomitrium yang sebagiannya lebih sering menyerang kaum hawa. 
Seseorang yang meminum sedikitnya dua cangkir perhari dapat menurunkan resiko terhadap tiga jenis kanker di atas. 
Hasil studi tersebut dikuatkan dengan hasil penelitian tahun 2011 yang dilakukan oleh lembaga Breast Cancer Research.
--------------------------------------------------------------------------------
Menurunkan Resiko Parkinson
Dalam jurnal American Medical Association (tahun 2000) menyebutkan bahwa seseorang yang meminum minuman berkafein memiliki resiko yang lebih rendah dibanding orang lain terhadap penyakit parkinson.
--------------------------------------------------------------------------------
Sumber Antioksidan
Penelitian yang dilakukan oleh Edward Giovannucci dan diterbitkan dalam jurnal Cancer, Epidemiology, Biomarkers & Prevention menyatakan kopi mengandung antioksidan alami yang lebih tinggi dibanding dengan buah dan sayuran.
--------------------------------------------------------------------------------
Fakta & Data Seputar Kopi
  1. Indonesia merupakan penghasil Kopi Arabika terbaik di dunia.
  2. Kopi memiliki urutan pertama sebagai sumber antioksidan.
  3. Brasil adalah negara penghasil kopi terbesar di dunia.
  4. Stevol adalah senyawa dari kopi yang membantu menghambat penyerapan glukosa.
  5. Minum kopi 30 menit sebelum makan dapat menekan nafsu makan sampai 35 persen.
  6. Minum kopi sebelum berolah raga membantu wanita membakar lemak 31 persen lebih banyak.
  7. Menikmati kopi sebaiknya tanpa gula.
  8. Kopi tubruk mengandung 100-200 mg kafein per 200 ml. Kopi instan 40-150 ml.
  9. Teh mengandung jumlah kafein yang sama dengan kopi instan.
  10. Kebanyakan orang minum sampai batas 400 mg kafein sehari sekitar 2-4 cangkir kopi tubruk atau 4-10 cangkir kopi instan.
--------------------------------------------------------------------------------