PT. WARUNG KOPI PAHIT, Tbk.

Thursday, June 1, 2017

Aspek Program Pemasaran Warung Kopi

Strategi Pemilihan Tempat Usaha
 Lokasi ini dipilih karena walaupun tidak terletak di pusat bisnis tapi tidak terlalu ramai oleh lalu lalang kendaraan, sehingga suasananya lebih tenang dan kondusif. Selain itu harga sewa tanah di daerah Jalan Baru relatif murah.

Strategi Produk
Kedai kopi harus memfokuskan pada produk minuman kopi dengan varian rasa dan jenis kopi dengan berbagai teknik penyajian, seperti :
  1. Kopi Hitam Areng 
  2. Kopi Hitam Tutu 
  3. Kopi Hitam standar 
  4. Kopi Tubruk 
  5. Kopi coklat 
  6. Kopi luwak 
  7. Kopi Arabica 
  8. Espresso 
  9. Machiato 
  10. Caffe Latte 
  11. Cappuccino 
  12. Marachino, Kopi moka 
  13. Melya (kopi dengan madu) 
  14. Ice cappuccino


Selain produk Kopi, juga akan menyediakan makanan pendamping seperti :
  1. Aneka Gorengan 
  2. Pisang Bakar 
  3. Singkong Bakar 
  4. Ubi Rebus 
  5. Singkong Rebus 
  6. Kacang rebus 
  7. Tape Singkong goreng 
  8. Cilok Rebus 
  9. Cilok Bakar 
  10. Cilok Goreng 
  11. Sorabi Manis 
  12. Sorabi Buah 
  13. Sorabi Asin Aneka Rasa

Strategi Harga
Demi bersaing dengan usaha sejenis, Kedai Kopi harus mematok harga produk yang terjangkau. Jadi patokan harga untuk tiap produk adalah menyesuaikan untuk yang berpendapatan menengah. Berikut ini patokan harga produk Kedai Kopi : 
  1. Untuk semua varian jenis dan rasa kopi, kita banderol dengan harga yang paling murah sekitar Rp 5.000,- dan harga termahal sekitar Rp 20.000,-. 
  2. Untuk makanan pendamping kita akan patok harga dengan menjualnya dengan sistem paket, mulai dari yang paket Rp 5.000,- sampai paket termahal sekitar Rp 20.000,-.

Strategi Promosi
 Untuk membuat usaha Kedai Kopi ini berkembanga cepat, Rencananya memiliki strategi promosi sebagai berikut :
  1. Melakukan promosi dengan membuat selebaran yang akan dibagikan ke kantor-kantor, sekolah, kampus, komunitas-komunitas, dan umum. 
  2. Melakukan promosi melalui media sosial 
  3. Mengadakan acara rutin mingguan seperti acara music untuk menarik minat konsumen. 
  4. Melakukan promosi dengan memberikan penawaran yang menarik/ khusus kepada komunitas-komunitas yang banyak di Kuningan, seperti komunitas Motor, Superter Bola, Komunitas Hobi, dan lainnya. 
  5. Mengundang pihak TV nasional untuk meliput kedai kopi di acaranya, sehingga Kedai Kopi lebih cepat dikenal masyarakat luas.